Tanggapi Tawaran dari China, MU Tak Akan Jual Rooney

Share this:

MANCHESTER – Meski belakangan terus mendapatkan kritik karena performanya bersama Manchester United dan tim nasional Inggris tidak bagus, Wayne Rooney tetap mendapatkan dukungan penuh dari Manchester United. The Red Devils menyatakan tak akan pernah menjualnya.

Menanggapi kabar bahwa Sven-Goran Eriksson, yang sekarang melatih klub China, Shanghai SIPG, sedang menyiapkan tawaran ‘wah’ untuk Rooney, seandainya ia mau meninggalkan Old Trafford dan bergabung ke China Super League (CSL), pada bursa transfer Januari tahun depan. Manajemen Shanghai SPIG bahkan telah menyiapkan dana senilai 80 juta poundsterling untuk biaya transfer Rooney. Tak hanya itu, mereka juga siap menggaji Rooney sebesar 500 ribu pounds per minggu, ditambah bonus-bonus komersial.

Secara pribadi, kapten MU berusia 31 tahun itu telah menyatakan bahwa ia ingin tetap melanjutkan kariernya di MU dan Inggris. Meski demikian, situasinya di Old Trafford tetap tidak berubah. Manajer MU, Jose Mourinho, tidak dapat memberikan jaminan bahwa Rooney akan dapat bermain setiap pekannya.

Situasi di tim nasional Inggris pun tidak berbeda, pelatih interim Gareth Southgate pun diyakini juga tidak dapat memberikan jaminan main untuk kaptennya tersebut.

Bersama MU musim ini, Rooney telah beberapa kali tak menjadi pilihan pertama. Dia baru menjadi starter lagi di pertandingan melawan Fenerbahce di lanjutan Liga Europa, Jumat (21/10/2016) dini hari WIB.

Kendati mulai dipinggirkan, MU menegaskan bahwa Rooney akan terus di dalam tim. Hal itu seperti diungkapkan oleh Mourinho.

“Tidak, tidak akan pernah. Saya tak akan pernah membuat keputusan seperti itu. Seorang pemain dengan sosok seperti dirinya, seorang pemain dengan sejarahnya di klub takkan berada di posisi di mana klub atau manajer ingin membuat keputusan mengenai dirinya,” kata Mourinho di Sky Sports.

“Saya menempatkan dia di bench dalam tiga pertandingan secara berurutan. Itu berat untuknya, berat untuk saya, jadi itu terasa kejam, untuk menempatkan kepentingan tim di depan pemain, prestise, dan status. Dalam kasus ini, bahkan seorang legenda. Untuk menempatkan seorang pemain dengan banyak angka untuk klub dan negara sungguh berat.”

“Tapi, seperti yang kami katakan sebelumnya, ini merupakan industri di mana para pemain yang menjadi pemimpin, terkadang dalam keputusan yang tepat, terkadang keputusannya tak tepat. Tapi dalam pikiran kami, kami memikirkan yang terbaik untuk tim,” imbuhnya.

MU akan melakoni pertandingan lawatan ke markas Chelsea di lanjutan Liga Inggris. Menatap pertandingan di Stamford Bridge, Minggu (23/10) malam WIB, beberapa media Inggris, salah satunya Metro, melaporkan bahwa Rooney tak dibawa dalam skuat MU, karena mengalami cedera dari laga Liga Europa melawan Fenerbahce.

Tidak ada yang pasti di dunia sepakbola saat ini, namun yang jelas untuk Rooney pribadi, ia punya banyak opsi untuk dipertimbangkan. Selain tawaran dari China, klub-klub Major League Soccer (MLS) pun sangat berminat untuk menampungnya, meski dapat dipastikan kekuatan finansial mereka tak akan bisa menandingi tebalnya kocek para konglomerat dari China tersebut. Apakah Rooney akan tetap di Old Trafford, atau bergabung dengan Eriksson di CSL, atau menyusul Frank Lampard ke MLS? Kita lihat saja nanti.

 

Share this:

Leave a Reply

83 More posts in SPOTLIGHT category
Recommended for you
Zinedine Zidane, Legenda Saat Main, Kini Juga Saat Melatih

CARDIFF - Keberhasilannya membawa Real Madrid menjadi juara Liga Champions Eropa dua kali beruntun membuat...