Spurs Berikan White Hart Lane Perpisahan Manis, Musim Depan Bermarkas di Wembley

Share this:

LONDON – Tottenham Hotspur memberikan akhir sempurna untuk menandai laga terakhirnya di White Hart Lane dengan kemenangan atas Manchester United. Sebuah catatan spesial juga ditorehkan Spurs. Musim ini Harry Kane dkk tak sekalipun kalah di kandang.

Stadion White Hart Lane sesuai rencana akan dirubuhkan dan diganti dengan stadion baru. Di atas tanah dimana stadion berkapasitas 36 ribu tempat duduk itu semula berdiri, akan dibangun stadion baru Spurs berkapasitas sekitar 60 ribu tempat duduk. Spurs sendiri untuk sementara akan bermarkas di Stadion Wembley mulai musim depan.

Laga perpisahan dengan White Hart Lane yang sudah didiami sejak 1899 sudah dilakukan saat mengalahkan Manchester United dengan skor 2-1, Minggu (14/5/2017) malam WIB kemarin. Spurs membuka keunggulan lewat Victor Wanyama di menit keenam sebelum digandakan oleh Harry Kane di awal babak kedua. MU hanya mampu membalas satu gol lewat Wayne Rooney.

“Sungguh cara yang luar biasa untuk mengakhirinya. Kami sangat ingin menang di laga terakhir di sini,” ujar Kane seperti dikutip BBC.

“Saya bilang sebelumnya saya ingin mencetak gol kemenangan dan itu terjadi. Itu brilian. Melihat bolanya masuk itu spesial,” imbuhnya.

Bagi Rooney, gol yang dicetaknya itu adalah gol ketiga sang Kapten MU dari empat pertandingan terakhirnya plus gol ketujuh di White Hart Lane dalam seragam ‘Setan Merah’. Selain Rooney, tidak ada pemain tim lawan yang membuat gol sebanyak itu di markas Spurs.

“White Hart Lane selalu jadi salah satu tempat favorit saya. Saya punya banyak memori indah di sana,” tutup pengoleksi tujuh gol dan 10 assist musim ini tersebut.

Kemenangan ini memastikan Spurs finis sebagai runner-up Premier League musim ini. The Lilywhites mengumpulkan 80 poin dari 36 pertandingan dan sudah tak terkejar lagi oleh Liverpool yang ada di urutan ketiga.

Tak cuma itu, kemenangan ini juga menandai kesempurnaan Spurs di White Hart Lane. Sepanjang Premier League musim ini, tim arahan Mauricio Pochettino itu tak tersentuh kekalahan di kandang sendiri.

Dari 19 pertandingan kandang di Premier League musim ini, Spurs membukukan 17 kemenangan dan dua hasil imbang. Menurut catatan yang dilansir Opta, kali terakhir Spurs tak terkalahkan di kandang selama satu musim di liga terjadi pada 1964/1965.

Mulai musim depan, Spurs akan menggunakan Stadion Wembley sebagai kandang sementara sepanjang musim 2017/2018, baik saat mereka berlaga di kompetisi domestik maupun Eropa. Sejatinya bermain di Wembley merupakan keuntungan untuk Spurs mengingat stadion itu bisa menampung hingga 90 ribu penonton.

Tapi pengalaman bisa dijadikan guru yang baik untuk Spurs agar cepat-cepat beradaptasi dengan Wembley mengingat musim ini kolaborasi keduanya tidak berjalan mulus. Spurs sendiri sudah menggunakan Wembley pada partai kandang di kompetisi Eropa karena renovasi White Hart Lane musim ini.

Di ajang Liga Champions, Spurs cuma menang sekali dari CSKA Moskow di matchday terakhir dan dua lainnya berujung kekalahan dari AS Monaco serta Bayer Leverkusen. Alhasil The Lilywhites gagal lolos dari fase grup dan harus turun kasta ke Liga Europa.

Pada babak 32 besar Liga Europa pun sama saja, Spurs cuma main imbang 2-2 kontra Gent di Wembley dan langsung angkat koper setelah kalah 0-1 di leg pertama.

“Memang benar kami akan bermain di stadion baru dan kami akan memasuki tahap akhir (menang). Kami harus mengganggap Wembley itu rumah kami dan kami harus menemukan keseimbangan antara White Hart Lane dan di sana. Musim depan kami harus merasa itu adalah kandang kami,” ujar manajer Spurs, Mauricio Pochettino, seperti dikutip BBC.

“Kami akan bangga dengan pencapaian kami dan kami bertarung untuk gelar juara Premier League,” sambungnya.

 

Share this:

Leave a Reply

429 More posts in LIGA INGGRIS category
Recommended for you
Resmi Gabung Liverpool, Mohamed Salah Pakai Nomor 11

LIVERPOOL - Liverpool resmi mengumumkan transfer winger asal Mesir, Mohamed Salah, dari klub pemilik sebelumnya,...