Semifinal Liga Europa Leg I: Ajax Ungguli Lyon 4-1

Share this:

AMSTERDAM – Ajax Amsterdam tinggal selangkah lagi untuk lolos ke final Liga Europa musim 2016-17 ini, setelah meraih kemenangan besar di leg pertama semifinal dengan mengungguli Olympique Lyon 4-1.

Menjamu Lyon di Amsterdam ArenA, Kamis (4/5/2017) dinihari WIB, Ajax menang berkat dua gol Bertrand Traore serta dua gol lain yang dicetak oleh Kasper Dolberg dan Amin Younes. Lyon cuma bisa membalas sekali melalui gol Mathieu Valbuena.

Kemenangan ini menjadi modal yang sangat bagus bagi Ajax untuk menghadapi leg kedua semifinal yang akan dilangsungkan di markas Lyon pada pekan depan. Sebaliknya, Lyon harus menang minimal 3-0 untuk membalikkan keadaan.

Traore membuka skor pada menit ke-25. Sundulannya meneruskan tendangan bebas Hakim Ziyech membawa Ajax memimpin 1-0.

Ajax memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 lewat gol Dolberg pada menit ke-34. Gol ini berawal dari ketidakmampuan kiper Lyon, Anthony Lopes, membuang bola dengan sempurna. Bola tendangan Lopes disundul Traore ke arah Dolberg yang berdiri bebas. Dolberg langsung berhadapan dengan Lopes dan sukses menyarangkan bola ke dalam gawang Lyon.

Empat menit babak kedua berjalan, Younes membawa Ajax unggul 3-0. Younes lolos sendirian setelah menerima umpan dari Ziyech. Dia dengan tenang menggiring bola di kotak penalti dan tembakannya berbuah gol ketiga Ajax.

Lyon menipiskan ketertinggalannya menjadi 1-3 pada menit ke-66. Tembakan keras Valbuena dari dalam kotak penalti tak bisa dijangkau penjaga gawang Ajax, Andre Onana.

Tapi, Ajax kembali menjauh saat pertandingan berusia 71 menit. Traore menyontek umpan silang dari Ziyech untuk mengubah skor menjadi 4-1.

 

 

Kemenangan ini membuat satu kaki Ajax sudah berada di final Liga Europa untuk menghadapi pemenang antara Manchester United kontra Celta Vigo. Laga leg 2 akan digelar di kandang Lyon, Parc Olympique Lyonnais, Kamis (11/5/2017).

Kemenangan Ajax itu sekaligus menorehkan catatan, bahwa untuk kali pertamanya dalam dua dekade, tim asal Belanda mampu mencetak empat gol pada partai semifinal atau final kompetisi antarklub Eropa.

Kali terakhir catatan serupa tercipta saat Ajax menang 5-2 atas Bayern Munich pada semifinal Liga Champions 1994-1995. Tim yang masih diperkuat Frank de Boer dan Ronald de Boer saat itu menutup turnamen dengan gelar juara.

 

 

Ajax Amsterdam 4-1 Olympique Lyonnais (Bertrand Traore 25′, 71′, Kasper Dolberg 34′, Amin Younes 49′; Mathieu Valbuena 66′)

Ajax Amsterdam: 24-Andre Onana, 2-Kenny Tete, 4-Jairo Riedewald, 5-Davinson Sanchez, 36-Matthijs de Ligt, 10-Davy Klaassen, 22-Hakim Ziyech, 20-Lasse Schoene (30-Donny van de Beek 71′), 9-Bertrand Traore, 11-Amin Younes (45-Justin Kluivert 79′), 25-Kasper Dolberg (77-David Neres 88′).
Pelatih: Peter Bosz

Olympique Lyonnais: 1-Anthony Lopes, 13-Christophe Jallet (20-Rafael da Silva 69′), 15-Jeremy Morel, 3-Nicolas N’Koulou, 5-Mouctar Diakhaby, 28-Mathieu Valbuena, 21-Maxime Gonalons, 8-Corentin Tolisso, 29-Lucas Tousart (11-Rachid Ghezzal 58′), 18-Nabil Fekir, 27-Maxwell Cornet (10-Alexandre Lacazette 76′).
Pelatih: Bruno Genesio

Wasit: Gianluca Rocchi

 

Share this:

Leave a Reply

41 More posts in LIGA EUROPA category
Recommended for you
Tiga Trofi dalam Semusim, Bukan Musim yang Buruk Buat MU

STOCKHOLM - Manchester United menutup musim 2016-17 dengan menjuarai Liga Europa. Secara keseluruhan, musim ini...