Ribery: Saya Bukan Pemain Kotor

Share this:

MUNICH Winger¬†Bayern Munich, Franck Ribery, menolak tudingan bahwa dirinya adalah pemain “kotor”.

Pada musim 2016-2017, Ribery kerap disorot karena terlibat konfrontasi dengan pemain lawan, mulai dari Felipe Melo, Felix Passlack, dan Nicolai Mueller.

Pesepakbola berusia 33 tahun itu sudah terlibat di empat insiden. Dalam beberapa kesempatan, tangan, lengan, dan siku Ribery tampak mengenai kepala atau wajah pemain lawan.

Salah satu insiden yang paling kentara terjadi di Piala Super Jerman yang dimenangi Bayern 2-0 atas Borussia Dortmund. Ribery terlihat dua kali menyikut pemain muda Dortmund Felix Passlack tapi lolos dari kartu merah.

Akibatnya, pemain asal Perancis itu dikritik oleh pelatih Carlo Ancelotti dan kapten Philipp Lahm. Ribery diminta untuk meredam emosinya di lapangan demi menghindari risiko kartu kuning atau bahkan merah.

Imbauan tersebut diamini oleh Ribery. Namun, dia mengaku tidak pernah berusaha mencederai lawan.

“Aku paham benar bahwa aku mesti memperhatikan tindakanku,” kata Ribery kepada Sportbild, yang diwartakan ESPN FC. “Tapi aku ingin menegaskan sekali lagi bahwa aku bukanlah pemain yang tidak fair.”

“Sejak semua pembicaraan mengenai diriku dimulai, aku sebetulnya merasakan kalau pemain-pemain lawan mencoba memprovokasiku lebih keras,” sambung pemain Prancis ini.

“Aku adalah seorang pemain top — pemain-pemain lawan tahu bahwa duel-duel dengaku diamati dengan ketat — jadi mereka mengeluarkan semua kemampuan mereka untuk menghentikanku. Musim ini, aku ditendang, dilanggar, dan diserang lebih keras daripada sebelumnya.”

“Mungkin, terkadang aku langsung terpancing. Tapi hal itu terjadi saat pemain lawan memang berniat mencederaiku. Aku tidak menentang tekel-tekel dan duel yang fair, tapi ketika aku merasa diriku dikasari supaya aku dikeluarkan dari permainan maka aku membela diri,” lugas Ribery.

“Percayalah, aku tidak ingin menyakiti siapapun di momen-momen itu dan semenit kemudian semuanya sudah terlupakan.”

Terlepas dari sejumlah kontroversi, Ribery masih menjadi bagian vital di lini tengah Bayern. Dia melakoni sembilan laga pada musim 2016-2017 yang dihiasi catatan dua gol dan delapan assist.

Berikutnya, Bayern akan melawan Eintracht Frankfurt pada partai lanjutan Bundesliga di Commerzbank Arena, Sabtu (15/10/2016).

 

Share this:

Leave a Reply

111 More posts in LIGA JERMAN category
Recommended for you
Bayern Munich Tuntaskan Transfer Corentin Tolisso dari Lyon

MUNICH - FC Bayern Munich mengumumkan lewat situs resminya bahwa mereka telah resmi merekrut Corentin...