Piala Dunia 2026 Berpeluang Digelar di Amerika Utara

Share this:

ZURICH – Persaingan menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia 2026 semakin mengerucut setelah pertemuan Dewan FIFA di Zurich pada Jumat (14/10/2016). Peluang kawasan Amerika Utara (CONCACAF) untuk menggelar Piala Dunia kian terbuka setelah FIFA menyatakan negara-negara dari Eropa dan Asia tak berpeluang lagi menjadi tuan rumah.

Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara CONCACAF yang pernah menggelar Piala Dunia, tepatnya pada 1994. Semenjak itu, Piala Dunia tak pernah lagi mampir ke kawasan tersebut.

Namun, setelah para Dewan FIFA mengadakan pertemuan di Zurich, peluang negara CONCACAF untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia kembali terbuka.

FIFA sepakat bahwa negara-negara dari Eropa dan Asia tak boleh lagi menggelar Piala Dunia 2026, mengingat Piala Dunia 2018 dan 2022 bakal diadakan di Rusia dan Qatar.

Terkait keputusan tersebut, Presiden Federasi Sepak Bola Amerika Serikat, Sunil Gulati, menyambutnya dengan sukacita.

Bahkan, Gulati siap untuk menggandeng para negara tetangga, yakni Meksiko dan Kanada, untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

“Kami tentunya yakin (menjadi tuan rumah). Kami juga punya hubungan hebat dengan Kanada dan Meksiko,” kata Gulati pada Jumat (14/10/2016) waktu setempat.

“Kami adalah negara dengan 320 juta jiwa yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia. Selain itu, kami punya banyak stadion hebat dan infrastruktur baik,” tutur dia.

Rencananya, jumlah negara peserta Piala Dunia juga akan ditambah dari 32 menjadi 40. Hal itu pernah diwacanakan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, meskipun belum ada kepastian mengenai hal itu.

 

Share this:

Leave a Reply

163 More posts in DUNIA category
Recommended for you
Lewati Rekor Marcelo Salas, Alexis Sanchez Topskorer Chile Sepanjang Masa

KAZAN - Sebuah pencapaian istimewa diraih oleh Alexis Sanchez. Dengan satu gol yang dicetaknya ke...