Nike Gaet Chelsea dengan Kontrak 900 Juta Poundsterling

Share this:

LONDON – Mulai musim 2017-18, tak akan ada lagi logo tiga garis di seragam The Blues. Manajemen Chelsea mengumumkan bahwa telah mencapai kesepakatan dengan perusahaan olahraga asal Amerika Serikat, Nike, pada Kamis (13/10/2016).

Sky Sports mengabarkan bahwa kontrak itu berdurasi 15 tahun dengan nilai total 900 juta poundsterling, atau sekitar 60 juta poundsterling per tahun. Dengan kesepakatan ini, Chelsea tercatat sebagai klub dengan sponsor jersey dengan nilai termahal kedua di Inggris, di bawah Manchester United.

Perihal nilai kontrak itu pula yang dikabarkan membuat Chelsea memutuskan beralih ke Nike. Sebab nilai 30 juta pounds yang diberikan Adidas itu kurang dari separuh nilai kerjasama penyuplai perlengkapan olahraga asal Jerman tersebut dengan MU, yang berada di angka 75 juta pounds.

The Blues memang telah mengakhiri kesepakatan dengan Adidas sejak Mei 2016. Dengan kerjasama dengan Nike, maka perusahaan perlengkapan olahraga terbesar di dunia ini akan menyediakan perlengkapan resmi tim mulai musim 2017-2018.

Nike juga akan memproduksi seragam untuk tim utama, akademi, dan tim perempuan, serta berbagai macam pakaian untuk jutaan suporter Chelsea di seluruh dunia.

“Ini adalah kesepakatan menarik dan penting bagi klub. Seperti Chelsea, Nike dikenal di seluruh dunia karena keunggulan dan inovasinya. Kami menantikan kerja sama ini mencapai kemitraan yang sukses,” kata Direktur Chelsea, Marina Granovskaia, seperti dikutip di situs resmi Chelsea.

Sementara itu Presiden Nike, Trevor Edwards, mengatakan, “Chelsea adalah klub kelas dunia dengan tradisi yang kaya dan memiliki suporter luar biasa di seluruh dunia.”

“Kemitraan dengan Chelsea mempekuat posisi kepemimpinan kami di sepak bola. Kami sangat bersemangat untuk membantu mengembangkan jangkauan global klub, melayani pemain, dan suporter dengan inovasi serta desain Nike,” sambung Edwards.

Kesepakatannya ini juga merupakan hasil kerja keras tim komersial Chelsea yang dikomandani Christian Purslow, eks Managing Director Liverpool. Sebelumnya, Purlow dan tim telah sukses menggandeng produsen ban asal Jepang, Yokohama Rubbers, dengan nilai kontrak 40 juta pounds per tahun, yang menempatkan logo Yokohama Tyres di dada seragam The Blues. Selain itu, ada kesepakatan senilai 10 juta pounds dengan produsen minuman berenergi asal Thailand, Carabao, untuk seragam latihan para pemain Chelsea.

Namun secara total, nilai sponsorship yang didapat Chelsea masih kalah jauh dengan MU, yang sukses mengumpulkan sponsor dari seluruh dunia, dari merek cat asal Jepang, sampai makanan ringan asal Indonesia.

Setelah memenangi Chelsea, Nike kini diyakini sedang memperebutkan kontrak Real Madrid dengan Adidas. Nilai yang diperebutkan diperkirakan mencapai 100 juta pounds per tahun.

Share this:

Leave a Reply

429 More posts in LIGA INGGRIS category
Recommended for you
Resmi Gabung Liverpool, Mohamed Salah Pakai Nomor 11

LIVERPOOL - Liverpool resmi mengumumkan transfer winger asal Mesir, Mohamed Salah, dari klub pemilik sebelumnya,...