La Liga Jornada 37: Real Madrid Terus Tempel Barcelona, Gijon Turun Divisi

Share this:

LIGA SPANYOL – Real Madrid terus melancarkan tekanan terhadap pemuncak klasemen FC Barcelona, dengan meraih kemenangan penting atas Sevilla, dan menjaga jarak poinnya tetap sama dengan Barca (87), dengan tabungan satu partai lebih banyak. Sementara Atletico Madrid sukses menyegel posisi ketiga klasemen dan meraih tiket ke Liga Champions musim depan.

 

 

Barcelona mempertahankan posisinya di puncak klasemen usai meraih poin sempurna dalam lawatannya ke Estadio de Gran Canaria. Blaugrana menang 4-1 atas tuan rumah Las Palmas. Neymar menjadi bintang kemenangan Barca dengan mencetak hat-trick.

Barca butuh kemenangan untuk terus memelihara peluang juara. Sampai pekan 36, Barca dan Madrid masih bersaing ketat dalam perebutan gelar. Karenanya, menghadapi Las Palmas, Barca sudah menekan sejak awal pertandingan. Barca akhirnya menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 lewat gol Neymar dan Luis Suarez. Las Palmas sempat memperkecil ketertinggalan lewat Pedro Bigas di babak kedua. Tapi Neymar mencetak dua gol untuk memantapkan kemenangan Barca.

 

 

Sementara Real Madrid yang menjamu Sevilla di Santiago Bernabeu, Senin (15/5/2017) dini hari WIB, langsung tancap gas begitu laga dimulai. Los Blancos pun menang 4-1 berkat brace Cristiano Ronaldo dan masing-masing sebiji gol dari Nacho Fernandez dan Toni Kroos. Sementara Sevilla hanya mampu membalas sekali lewat Stevan Jovetic.

Dengan hasil ini, Barca masih memimpin klasemen dengan 87 poin dari 37 pertandingan. Mereka unggul head-to-head atas Madrid yang punya jumlah poin sama. Namun Madrid masih punya satu laga tunda. Sementara itu, Sevila menempati peringkat empat dengan raihan 69 poin, dan Las Palmas tertahan di peringkat 14 dengan 39 poin.

 

 

Pada laga lainnya di Estadio Benito Villamarin, Atletico Madrid memastikan finis di posisi tiga besar di La Liga Divisi Primera, usai bermain imbang 1-1 kontra tuan rumah Real Betis.

Betis unggul lebih dulu lewat aksi Ceballos pada menit ke-60. Tendangan volinya memanfaatkan bola liar hasil sapuan Koke yang tak sempurna merobek gawang Jan Oblak. Sementara gol penyeimbang dari Atletico lahir lewat aksi Stevan Savic di menit ke-66. Tidak ada gol tambahan hingga peluit panjang dibunyikan wasit Alfonso Alvarez.

Meski hanya menambah satu poin, Atletico memastikan finis tiga besar untuk langsung tampil di fase grup Liga Champions musim depan. Dengan 75 poin dari 37 laga, Atletico unggul enam angka dari Sevilla di posisi keempat yang kalah 1-4 dari Real Madrid. Sementara Betis berada di peringkat 15 dengan poin 38 dari 37 laga.

 

 

Sementara itu, Sporting Gijon jadi tim terakhir yang terdegradasi dari La Liga. Kemenangan atas Eibar tak mampu menyelamatkan Sporting dari jerat degradasi.

Sporting memetik kemenangan 1-0 saat tandang ke markas Eibar di Estadio Municipal de Ipurua, Senin (15/5/2017) dinihari WIB. Mereka menang berkat gol tunggal Burgui di menit ke-32. Tapi kemenangan itu tak cukup untuk meloloskan Sporting dari degradasi. Sebab di saat bersamaan, Deportivo memetik hasil seri 0-0 di markas Villarreal.

Sporting kini mengumpulkan 30 poin dari 37 pertandingan dan menempati peringkat 18. Sementara Deportivo ada di posisi 17 dengan 33 pertandingan. Dengan sisa satu pertandingan, Sporting tidak akan bisa menggeser Deportivo dari zona aman sekalipun mereka menang dan Deportivo kalah di laga terakhir. Sebab Deportivo unggul secara head-to-head atas Sporting.

Dengan demikian, Sporting jadi tim terakhir yang turun ke Segunda Division. Sebelumnya, Osasuna dan Granada sudah lebih dulu dipastikan turun kasta.

 

Hasil La Liga Divisi Primera pekan ke-37, Sabtu-Minggu, 13-14 Mei 2017:

Espanyol 0-1 Valencia (Jose Luis Gayá 75′)
Osasuna 2-1 Granada (Jhon Steven Mondragón 24′, Kenan Kodro 75′; Adrián Ramos 41′)
Alaves 3-1 Celta Vigo (Manu García 5′, Feddal 18′, Deyverson 37′; Iago Aspas 78′ -pen)
Athletic Bilbao 1-1 Leganes (Aduriz 14′; Szymanowski 61′)
Real Betis 1-1 Atletico Madrid (Dani Ceballos 57′; Savić 66′)
Eibar 0-1 Sporting Gijon (Burgui 32′)
Las Palmas 1-4 FC Barcelona (Bigas 63′; Neymar 25′, 67′, 71′, Luis Suárez 27′)
Villarreal 0-0 Deportivo La Coruna
Real Madrid 4-1 Sevilla (Nacho Fernandez 10′, Cristiano Ronaldo 23′, 78′, Toni Kroos 84′; Stevan Jovetic 49′)
Real Sociedad 2-2 Malaga (Xabi Prieto 31′ -pen, Jon Bautista 85′; Luis H. 45′, Recio 75′)

 

Share this:

Leave a Reply

199 More posts in LIGA SPANYOL category
Recommended for you
Tak Jadi Hengkang, Atletico Madrid Beri Antoine Griezmann Kontrak Baru

MADRID - Antoine Griezmann dipastikan bakal tetap di Atletico Madrid musim depan, setelah sang pemain...