Kualifikasi PD 2018 Zona Conmebol: Bolivia Tekuk Argentina, Brazil Kalahkan Paraguay

Share this:

KUALIFIKASI PD 2018 – Efek absennya sang mega bintang Lionel Messi akibat skorsing 4 laga internasional yang dijatuhkan FIFA beberapa jam sebelumnya, langsung dirasakan tim nasional Argentina di laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL.

Pada laga tandang ke Stadion Hernando Siles, Selasa (28/3/2017), Argentina takluk 0-2 dari tuan rumah Bolivia. Gol Bolivia dicetak oleh Juan Carlos Arce (menit ke-31) dan Marcelo Moreno Martins (52′).

 

 

Absennya Messi akibat terbukti melecehkan asisten wasit dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Chile pada Jumat lalu, membuat daya gedor La Albiceleste jauh mengendur.

Argentina untuk pertama kalinya sejak Oktober 2011 kalah secara beruntun dalam partai tandang. Sebelum dibungkam Bolivia, mereka dilibas Brasil 0-3 di Belo Horizonte pada 11 November 2016.

Hasil ini membuat posisi Argentina di klasemen harus turun satu strip ke urutan kelima, yang merupakan posisi untuk playoff, karena digeser Chile yang berhasil mengalahkan Venezuela.

 

 

Chile memetik kemenangan 3-1 saat menjamu Venezuela di Estadio Monumental David Arellano, Santiago, lewat gol-gol yang disumbangkan oleh Alexis Sánchez pada menit ke-5, dan dua gol Esteban Paredes pada menit ke-7 dan 22. Sementara Venezuela hanya mampu membalas satu gol lewat Salomón Rondón (63′).

Dengan tambahan tiga angka ini, Chile mengumpulkan 23 poin dan berhak menempati posisi empat klasemen. Mereka menggeser Argentina yang mengoleksi 22 poin. Sementara itu, Venezuela tetap ada di posisi 10 klasemen dengan raihan enam poin.

 

 

Kolombia juga memetik kemenangan kala melawat ke Estadio Olimpico Atahualpa, markas Ekuador. James Rodriguez dan Juan Cuadrado membawa Kolombia menang 2-0.

Hasil ini membuat Kolombia naik ke posisi dua klasemen sementara dengan nilai 24 dari 14 laga, tertinggal enam poin dari Brasil yang sudah bermain 13 kali. Posisi mereka masih bisa berubah kembali jika Uruguay, yang cuma tertinggal satu angka dan baru bermain 13 kali, sukses memetik kemenangan. Sedangkan Ekuador tertahan di posisi enam dengan 20 poin dari 14 pertandingan.

 

 

Sementara itu, Brazil semakin mengokohkan posisi mereka sebagai pemuncak klasemen setelah menghantam Paraguay 3-0 di Arena Corinthians, São Paulo. Hasil ini membuat Brazil semakin dekat memastikan lolosnya mereka ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Brasil membuka kemenangan lewat Philippe Coutinho ketika pertandingan memasuki menit ke-34. Kerja sama satu-duanya dengan Paulinho dilanjutkan dengan tembakan dari tepi kotak penalti membuahkan gol pertama bagi Brasil.

Brasil mendapatkan penalti di menit ke-52 menyusul pelanggaran terhadap Neymar. Tapi eksekusi penalti dari Neymar masih bisa digagalkan kiper Antony Silva.

Baru di menit ke-64 Brasil menambah keunggulan atas Paraguay menjadi 2-0, lewat aksi individu Neymar. Brasil lalu memantapkan kemenangan di menit ke-86 setelah sebuah sontekan jitu Paulinho untuk meloloskan Marcelo yang tidak membuang peluang tersebut dengan mencetak gol ketiga timnya.

Hasil tersebut membuat Brasil kini mengoleksi 33 poin dari 14 pertandingan, menyisakan empat partai lagi, di kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL. Selecao unggul sembilan angka dari Kolombia (24 poin) di posisi dua dengan Uruguay (23 poin) saat ini sedangkan memainkan partai ke-14 melawan Peru.

Dengan hasil ini Brasil juga di ambang kelolosan dengan finis empat besar di zona ini, mengingat tim peringkat empat Chile punya 23 poin dengan empat laga sisa –maksimal dapat 35 poin.

 

Hasil Laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL, Selasa (28/3/2017):

Bolivia 2-0 Argentina (Juan Carlos Arce 31′, Marcelo Moreno Martins 52′)
Ekuador 0-2 Kolombia (James Rodriguez 20′, Juan Cuadrado 34′)
Chile 3-1 Venezuela (Alexis Sánchez 5′, Esteban Paredes 7′, 22′; Salomón Rondón 63′)
Brazil 3-0 Paraguay (Philippe Coutinho 34′, Neymar 64′, Marcelo 86′)

 

Share this:

Leave a Reply

163 More posts in DUNIA category
Recommended for you
Lewati Rekor Marcelo Salas, Alexis Sanchez Topskorer Chile Sepanjang Masa

KAZAN - Sebuah pencapaian istimewa diraih oleh Alexis Sanchez. Dengan satu gol yang dicetaknya ke...