Kualifikasi PD 2018: Uruguay vs Kolombia 2-2, Suarez Samai Rekor Crespo

Share this:

BARRANQUILLA – Uruguay berhasil mencuri satu angka dalam lawatannya ke Kolombia, pada laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL, Rabu (12/10/2016) dinihari WIB. Sempat tertinggal lalu berbalik unggul, Uruguay berimbang 2-2 dengan Kolombia.

Pada laga ini, Abel Aguilar mencetak gol terlebih dahulu untuk membawa tuan rumah unggul pada menit ke-15. Namun, Uruguay bisa membalikkan keadaan lewat gol Cristian Rodriguez (27′) dan Luis Suarez (73′). Kolombia bisa menyamakan kedudukan lewat Yerry Mina pada menit ke-84.

Terlepas dari hasil imbang 2-2 itu, Suarez mencatatkan namanya sejajar dengan legenda Argentina, Hernan Crespo. Keduanya merupakan pencetak gol terbanyak Kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol dengan torehan 19 gol.

Dalam laga yang dihelat di Estadio Metropolitano Roberto Meléndez, tuan rumah Kolombia tampil dominan dengan penguasaan bola mencapai 61%. Kolombia melepaskan 11 percobaan dengan lima di antaranya mengarah ke gawang. Uruguay di lain sisi punya 10 upaya dan empat darinya tepat sasaran.

Kolombia lebih dahulu unggul ketika pertandingan berjalan 15 menit. Umpan sepak pojok dari Luis Muriel disundul Abel Aguilar yang memenangi duel udara dan berakhir di dalam gawang Uruguay.

Uruguay sempat coba balas mengancam. Tapi sepakan Cristian Rodriguez masih terblok oleh barisan pertahanan Kolombia.

Usaha Rodriguez pada akhirnya berbuah di menit ke-27. Berawal dari umpan tendangan bebas di sisi kanan, bola sempat coba dihalau pemain Kolombia namun gagal dan jatuh dalam jangkauan Rodriguez. Dia lantas menanduknya ke dalam gawang.

Laga berjalan keras dan ketat dengan sejumlah pelanggaran terjadi. Jelang akhir babak pertama, Uruguay punya dua kesempatan. Pertama lewat sundulan Diego Godin yang melenceng, kemudian melalui sepakan jarak dekat Edinson Cavani yang ditahan kiper.

 

colombia-uruguay-2016-10-11

 

Kolombia yang dominan berusaha menekan Uruguay, tapi kesulitan menemukan celah. Justru Uruguay berhasil berbalik unggul di menit ke-73.

Mulanya Godin melepaskan umpan jauh dari situasi bola mati di lini belakang. Bola ditanduk Cristian Stuani ke arah Suarez. Suarez kemudian memenangi duel perebutan bola dan menghadapi kiper. Meski dari sudut sempit di sisi kanan, penyerang Barcelona itu mampu mengarahkan sepakan terukur ke pojok kiri gawang.

Tertinggal, Kolombia mencoba lebih menekan untuk menyelamatkan laga. Setelah sepakan Edwin Cardona di menit ke-83 diamankan kiper, Kolombia berhasil menyamakan skor semenit berselang.

Dari sisi kanan, Juan Cuadrado melepaskan umpan silang diarahkan agak jauh dari mulut gawang. Lalu Yerry Mina yang bergerak dari lini kedua menyambutnya dengan sundulan yang tak mampu diantisipasi kiper Uruguay, Fernando Muslera.

Skor imbang kemudian bertahan sampai laga selesai. Dengan tambahan satu poin, Uruguay sementara masih ada di puncak klasemen zona Amerika Selatan dengan nilai 20 dari 10 laga.

Mereka unggul dua poin dari Brasil yang baru bermain sembilan kali. Sementara Kolombia tertahan di urutan empat dengan 17 poin. Mereka bisa dilewati Argentina yang baru akan memainkan laga ke-10.

 

Kolombia 2-2 Uruguay (A. Aguilar 15′, Y. Mina 84′; C. Rodríguez 27′, L. Suárez 73′)

Kolombia: Ospina, Murillo, Mina, Diaz, Arias (Berrio 75′), Torres, Sanchez, Aguilar, Bacca (Martinez 59′), Muriel (Cardona 46′), Cuadrado

Uruguay: Muslera, Godin, Coates, Silva (Pereira 44′), Corujo, Vecino, Arevalo, Rodriguez (Laxalt 86′), Sanchez (Stuani 71′), Cavani, Suarez

 

Share this:

Leave a Reply

163 More posts in DUNIA category
Recommended for you
Lewati Rekor Marcelo Salas, Alexis Sanchez Topskorer Chile Sepanjang Masa

KAZAN - Sebuah pencapaian istimewa diraih oleh Alexis Sanchez. Dengan satu gol yang dicetaknya ke...