Kualifikasi PD 2018: Spanyol Gusur Albania dari Puncak Klasemen

Share this:

SHKODER – Spanyol sukses melengserkan Albania dari puncak klasemen sementara Grup G kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA usai menaklukkan tuan rumah Albania 2-0, Minggu (9/10/2016) atau Senin dini hari WIB.

Berlaga di Stadiumi Loro Borici, Shkoder, baik Albania maupun Spanyol gagal menciptakan gol di babak pertama. Sampai masuk periode jeda skor masih 0-0.

Di babak kedua gol baru datang, yang dibuat oleh dua pemain Spanyol. Diego Costa memecah kebuntuan dengan golnya di menit 55, yang kemudian digandakan oleh Nolito pada menit 63.

Pada sepanjang pertandingan, Spanyol tampil lebih mendominasi. La Roja mampu memiliki penguasaan bola sebesar 74 persen.

Jumlah penguasaan sebesar itu berhasil mereka konversi menjadi banyak peluang. Tim arahan pelatih Julen Lopetegui itu melepas 12 usaha mencetak yang enam di antaranya tepat sasaran.

Albania yang tampil lebih banyak tertekan di hadapan pendukungnya sendiri, hanya memiliki satu percobaan dan itu pun tidak akurat pada sepanjang laga.

Gol pertama Spanyol tercipta ketika babak kedua berjalan 10 menit. Menerima umpan David Silva, Costa lantas tendangan kaki kanan yang gagal diantisipasi kiper Etrit Bersiha.

 

costa-albania-spain-2016-10-09

 

Delapan menit berselang, Nolito menggandakan keunggulan Spanyol seusai memanfaatkan umpan Nacho Monreal. Skor 2-0 ini bertahan hingga pertandingan usai.

Kemenangan ini membuat Spanyol mengumpulkan tujuh poin hasil dari tiga pertandingan Grup G. Sedangkan Albania yang baru merasakan kekalahan pertama berada di posisi ke-3 dengan enam poin.

Kemenangan ini juga membuat Spanyol berhasil melanjutkan torehan mengkilap mereka di ajang babak kualifikasi Piala Dunia. Terakhir kali La Roja mengalami kekalahan terjadi pada Maret 1993 kontra Denmark dengan skor 0-1.

Kemenangan ini membuat Spanyol belum terkalahkan di tiga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 yang sudah dijalani (W2 D1). Dengan koleksi tujuh poin mereka kini jadi pemilik posisi puncak Grup G, unggul selisih gol dari Italia yang pada pertandingan lain menang susah payah atas Makedonia.

 

Albania 0-2 Spanyol (Diego Costa 55′, Nolito 63′)

Albania: 1-Etrit Berisha, 7-Ansi Agolli, 15-Mergim Mavraj, 3-Ermir Lenjani (17-Naser Aliji 46′), 4-Elseid Hysaj, 6-Berat Djimsiti, 2-Andi Lila, 21-Odhise Roshi, 9-Ledian Memushaj (8-Migjen Basha 68′), 14-Taulant Xhaka (18-Jahmir Hyka 75′), 19-Bekim Balaj
Pelatih: Giovanni De Biasi

Spanyol: 1-David De Gea, 15-Sergio Ramos (16-Inigo Martinez 80′), 18-Nacho Monreal, 3-Gerard Pique, 6-Andres Iniesta (22-Isco 78′), 21-David Silva, 5-Sergio Busquets, 10-Thiago Alcantara, 11-Vitolo (20-Nolito 60′), 8-Jorge Koke, 19-Diego Costa
Pelatih: Julen Lopetegui

 

Share this:

Leave a Reply

163 More posts in DUNIA category
Recommended for you
Lewati Rekor Marcelo Salas, Alexis Sanchez Topskorer Chile Sepanjang Masa

KAZAN - Sebuah pencapaian istimewa diraih oleh Alexis Sanchez. Dengan satu gol yang dicetaknya ke...