Kualifikasi PD 2018: Inggris Kalahkan Malta 2-0

Share this:

LONDON – Meski lebih diunggulkan dan tampil mendominasi, Inggris hanya berhasil mencetak 2 gol saat mengalahkan Malta pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa di Stadion Wembley, Sabtu (8/10/2016). Hasil ini cukup untuk mengantarkan Inggris memimpin klasemen Grup F.

Inggris yang baru saja mengalami pergantian pelatih dari Sam Allardyce ke Gareth Southgate, mengemas enam poin dari dua pertandingan. Sementara itu, Malta menghuni posisi juru kunci klasemen Grup F tanpa memiliki poin. Sebelumnya, mereka kalah 1-5 dari Skotlandia.

Southgate mengubah komposisi pemain. Dia tak menggunakan susunan pemain saat mereka menghadapi Slovakia. Menggunakan sistem 4-3-3, Southgate mendaulat Jesse Lingard menggantikan Adam Lallana. Kesempatan itu sekaligus menjadi debut Lingard di timnas senior. Selain itu, Ryan Bertrand, Dele Alli, Theo Walcott, dan Daniel Sturridge menjadi starter menggantikan Danny Rose, Eric Dier, Raheem Sterling, dan Harry Kane.

Secara keseluruhan, kesenjangan kualitas antara Inggris dan Malta memang terlihat jelas. Statistik menjadi bukti sahihnya.

 

alli-header-england-malta-2016-10-08

 

Sepanjang laga, statistik menunjukkan Inggris tampil amat dominan atas Malta dengan penguasaan bola 80% berbanding 20% dalam laga itu. Inggris membuat 20 percobaan dengan sepuluh yang tepat sasaran. Sementara Malta hanya menciptakan satu tembakan on goal dari satu kali percobaan.  Serangan Wayne Rooney dkk memang terus mengalir nyaris tanpa henti, sedangkan Malta tampak kesulitan dalam mengembangkan permainannya.

Kendati begitu, Inggris baru bisa membuka keunggulan saat laga memasuki menit ke-29. Gol tersebut diciptakan oleh Daniel Sturridge. Berawal dari umpan lambung yang dilepaskan oleh Jordan Henderson ke kotak penalti, bola kemudian disundul oleh Sturridge ke tiang jauh.

Suporter Inggris kembali dibuat bersorak gembira pada menit ke-38. Gelandang andalan Tottenham Hotspur, Dele Alli, sukses menambah keunggulan timnya. Gol Alli tercipta berkat memanfaatkan bola muntah hasil tepisan kiper Malta, Andrew Hogg. Kedudukan 2-0 untuk Inggris bertahan hingga jeda.

 

alli-england-malta-2016-10-08

 

Pada babak kedua, tak ada perubahan signifikan. Para pemain Malta masih belum mampu untuk mengimbangi permainan tim asuhan Southgate.

Hingga interval ketiga saja, Malta masih belum bisa mencatatkan tembakan. Mereka hanya bertahan demi menghindari kekalahan besar dari Inggris.

Permainan ultra-defensif yang diperagakan para pemain Malta memang menyulitkan Inggris untuk menggandakan keunggulan. Para pemain seperti Sturridge, Rooney, Lingard, Theo Walcott, Jamie Vardy, dan Marcus Rashford berupaya membongkar pertahanan Malta.

Akan tetapi, berbagai percobaan yang dilancarkan belum bisa memberikan gol tambahan bagi Inggris. Inggris harus puas dengan kemenangan 2-0 atas Malta.

Selanjutnya, Inggris akan berhadapan dengan Slovenia. Laga tersebut akan digelar di Stadion Stozice pada Selasa (11/10/2016) atau Rabu dini hari WIB.

 

Inggris 2-0 Malta (Daniel Sturridge 29′, Dele Alli 38′)

Inggris (4-3-3): 1-Joe Hart; 2-Kyle Walker, 5-Gary Cahill, 6-John Stones, 3-Ryan Bertrand (14-Danny Rose 19′); 8-Dele Alli, 4-Jordan Henderson, 10-Wayne Rooney; 7-Theo Walcott (7-Theo Walcott 68′), 9-Daniel Sturridge (19-Jamie Vardy 74′), 11-Jesse Lingard
Pelatih: Gareth Southgate

Malta (5-3-2): 1-Andrew Hogg; 22-Alex Muscat, 17-Ryan Camilleri, 5-Andrei Agius, 20-Zach Muscat, 6-Steve Borg; 18-Bjorn Kristensen, 4-Gareth Sciberras, 8-Paul Fenech; 19-Alfred Effiong (9-Michael Mifsud 76′), 13-Andre Schembri (10-Rowen Muscat 86′)
Pelatih: Pietro Ghedin

Wasit: Stefan Johannesson (Swedia)

Share this:

Leave a Reply

163 More posts in DUNIA category
Recommended for you
Lewati Rekor Marcelo Salas, Alexis Sanchez Topskorer Chile Sepanjang Masa

KAZAN - Sebuah pencapaian istimewa diraih oleh Alexis Sanchez. Dengan satu gol yang dicetaknya ke...