Kualifikasi PD 2018: Brazil Benamkan Bolivia 5-0

Share this:

NATAL – Brasil tampil perkasa dan meraih kemenangan meyakinkan 5-0 atas tamunya Bolivia di lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018, Jumat (7/10/2016) dini hari WIB.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Arena das Dunas, Natal, Brasil tampil dominan sejak awal pertandingan. Tidak hanya memenangi penguasaan bola (70:30), Seleccao juga menciptakan lebih banyak peluang: 19 attempts (9 on target) berbanding 3 attempts (1 on target).

Belum sampai pertandingan berjalan setengah jam, Brasil sudah unggul 2-0 atas Bolivia. Gol pertama Brasil dicetak oleh Neymar pada menit ke-11, sementara gol kedua dicetak oleh Philippe Coutinho pada menit ke-26.

Gol Neymar diawali oleh serangan yang diawali oleh pemain depan Barcelona itu sendiri. Neymar memenangi duel melawan pemain belakang Bolivia, sebelum memberikan umpan terobosan kepada Gabriel Jesus. Berada dalam posisi yang cukup lowong di dalam kotak penalti Bolivia, Gabriel memilih untuk tidak menembak langsung, tetapi mengembalikan bola kepada Neymar, yang langsung menceploskan bola ke gawang Bolivia.

 

brazil-bolivia-2016-10-06

 

Coutinho kemudian menggandakan keunggulan Brasil lewat tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti. Gol itu sendiri tercipta berkat kepiawaian Giuliano, yang menggiring bola sendirian di sisi kanan sebelum akhirnya memberikan operan kepada Coutinho.

Brasil unggul 3-0 lewat satu gol tambahan lagi yang dicetak oleh Filipe Luis pada menit ke-39. Neymar kembali berperan dalam terciptanya. Kali ini, umpan terobosannya diselesaikan Luis dengan sepakan kaki kiri.

Tidak cukup dengan tiga gol, Brasil menutup babak pertama dengan keunggulan 4-0 lewat gol Gabriel Jesus pada menit ke-44. Pemain yang akan bergabung dengan Manchester City pada Januari 2017 itu menyelesaikan umpan terobosan Neymar dengan tendangan kaki kiri dari dalam boks penalti.

Di babak kedua, Bolivia makin tidak bisa berkutik. Setelah sempat mendapatkan satu kans lewat sundulan Marcelo Moreno, yang bisa dihentikan oleh kiper Brasil, Alisson, Bolivia nyaris tidak memiliki kans emas lagi. Sebaliknya, pertahanan mereka berulang kali dibombardir oleh Brasil.

Coutinho sempat mendapatkan kans pada menit ke-58, namun tendangannya melenceng. Gabriel Jesus juga memiliki peluang, tapi sepakannya pada menit ke-60 masih bisa dihentikan oleh kiper Bolivia, Carlos Lampe.

Kendati pun terus menggempur pertahanan Bolivia, Brasil hanya bisa menambah satu gol lagi. Gol kelima mereka hadir pada menit ke-75 lewat gelandang milik Liverpool, Roberto Firmino. Ia sukses menyambut tendangan penjuru Coutinho dengan sundulan dari jarak dekat.

Dengan hasil ini, Brasil berada di posisi kedua klasemen kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL dengan nilai 18. Sementara itu, Bolivia berada di posisi kesembilan dengan nilai 7.

 

Brazil 5-0 Bolivia (Neymar 11′, Philippe Coutinho 26′, Filipe Luis 39′, Gabriel Jesus 44′, Roberto Firmino 75′)

Brasil: Alisson, Dani Alves, Marquinhos, Miranda, Filipe Luis, Fernandinho, Renato Augusto, Giuliano (Lucas Lima 76), Coutinho, Neymar (Willian 69), Gabriel Jesus (Firmino 67).

Bolivia: Lampe, Rodriguez, Raldes, Zenteno, Bejarano, Campos (Vaca 64), Melean, Azogue, Moreno, Duk (Escobar 78), Arce (Ramallo 55).

Share this:

Leave a Reply

163 More posts in DUNIA category
Recommended for you
Lewati Rekor Marcelo Salas, Alexis Sanchez Topskorer Chile Sepanjang Masa

KAZAN - Sebuah pencapaian istimewa diraih oleh Alexis Sanchez. Dengan satu gol yang dicetaknya ke...