Karisma dan Adaptasi Klutur, Kunci Sukses Klopp di Liverpool

Share this:

LIVERPOOL – Kinerja Jurgen Klopp terus menuai pujian. Laju Liverpool musim ini dinilai cukup menjanjikan. Setelah melewati pekan kesembilan Si Merah konsisten di papan atas dan ada di urutan ketiga. Statistik juga menunjukkan mereka tak terkalahkan dalam 10 pertandingan dari berbagai ajang.

Klopp dinilai cocok menangani Liverpool. Salah satunya, karena manajer asal Jerman itu mempunyai aura yang bisa bikin kesengsem penggawa The Reds.

Klopp datang ke Liverpool menggantikan Brendan Rodgers pada bulan Oktober tahun lalu. Klopp yang membawa filosofi gegenpressing tak membuat para pemain Liverpool keberatan. Sebaliknya, Klopp mampu membuat The Reds bernyawa lagi.

Musim lalu, Klopp mampu membawa Liverpool pada dua final, Piala Liga Inggris dan Liga Europa.

Menurut winger Liverpool, Adam Lallana, Klopp adalah sosok karismatik. Dia mampu membuat para pemain menaruh respek.

“Auranya mampu menguasai area di sekeliling dia. Baik di dalam ruang ganti atau di lapangan latihan, dia bsia menunjukkan kalau dialah penguasanya,” kata Lallana seperti dikutip Sports Mole.

“Saya pernah bekerja dengan beberapa manajer yang seperti itu. Karisma seperti itu sudah jadi pembawaan sehingga mereka tak perlu bekerja keras untuk mendapatkan perhatian orang lain.

“Nah kalau para pemain dan barisan pelatih sudah menyatakan mau bekerja sama, itu sudah jadi modal besar yang dimiliki seorang manajer tim,” jelas dia.

Senada dengan Lallana, Xabi Alonso yang mempunyai pengalaman 5 tahun bermain untuk Liverpool, juga menilai Klopp sebagai sosok manajer yang tepat bagi Liverpool. Bahkan dia menilai Klopp telah membawa perubahan pada seantero kota.

“Memiliki manajer yang prestisius seperti ini bisa menjadi sebuah dorongan buat kota ini dan klub ini,” kata Alonso seperti dikutip BBC.

“Dia bisa merangkul kultur dan tradisi Liverpool, tapi juga lapar dalam hal-hal penting kepada klub ini,” imbuh pemain yang kini berada di Bayern Munich itu.

Klopp telah membuat awal yang mengesankan untuk Liverpool. Kini Liverpool menempati peringkat ketiga dengan poin setara dengan Manchester City dan Arsenal.

The Reds juga menunjukkan sebagai tim dengan tingkat produktivitas terbaik di Premier League.

Karisma Klopp akan diuji dalam laga away menghadapi Crystal Palace di Selhurts Park akhir pekan ini.

 

Share this:

Leave a Reply

429 More posts in LIGA INGGRIS category
Recommended for you
Resmi Gabung Liverpool, Mohamed Salah Pakai Nomor 11

LIVERPOOL - Liverpool resmi mengumumkan transfer winger asal Mesir, Mohamed Salah, dari klub pemilik sebelumnya,...