Kalahkan Ajax 2-0 di Final, MU Juara Liga Europa 2016-17

Share this:

STOCKHOLM – Untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, Manchester United meraih gelar Liga Europa -dulu bernama Piala UEFA. Melengkapi seluruh gelar antarklub Eropa yang ada, The Red Devils memenangi Liga Europa 2016-2017 seusai mengalahkan Ajax Amsterdam.

Pada pertandingan di Friends Arena, Stockholm, pasukan Jose Mourinho itu menang 2-0 atas Ajax berkat gol Paul Pogba (18′) dan Henrikh Mkhitaryan (48′), Rabu (24/5/2017) atau Kamis dini hari WIB. Sebagai juara, MU berhak langsung tampil di fase grup Liga Champions musim depan.

Selain itu, MU pun menyamai jejak Juventus, Ajax, Bayern Muenchen, dan Chelsea yang sanggup menyapu bersih seluruh kejuaraan antarklub Eropa. Mereka memenangi trofi Liga Champions, Liga Europa, dan Piala Winners yang kini sudah dihapus.

 

 

Sebelum pertandingan bergulir, kedua tim dan seisi stadion hening sejenak terkait tragedi serangan bom di Manchester.

Pada awal pertandingan Ajax memperlihatkan upaya mendominasi permainan. Namun, dalam 10 menit pertama tidak ada peluang bagus yang tercipta. Baru pada menit ke-15 Bertrand Traore bisa melepaskan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Namun, usahanya tersebut digagalkan kiper Setan Merah, Sergio Romero.

Sementara itu, peluang bagus pertama yang didapatkan MU langsung berujung gol pada menit ke-18. Berawal dari umpan Marouane Fellaini, Pogba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti Ajax. Tendangannya yang sempat menyentuh kaki Davinson Sanchez membuat bola berbelok arah sehingga membuat kiper Andre Onana salah mengantisipasi.

 

 

Seusai gol tersebut Ajax semakin gencar membuat serangan ke lini pertahanan Setan Merah. Selain, itu tensi pertandingan pun turut meningkat. Total terjadi 15 pelanggaran dan satu kartu kuning terhadap Henrikh Mkhitaryan pada babak pertama.

Meski Ajax lebih mendominasi jalannya laga dalam 45 menit pertama dan menciptakan 6 peluang berbanding 4 milik MU, gol Pogba membuat MU unggul 1-0 hingga turun minum.

MU bisa menggandakan keunggulan menjadi 2-0 saat babak kedua baru menunjukkan menit ke-48. Gol tersebut dicetak Mkhitaryan dengan memanfaatkan umpan kepala dari Chris Smalling yang berawal dari eksekusi sepak pojok.

 

 

Ajax kembali mendominasi jalannya pertandingan setelah gol tersebut. Namun, mereka kesulitan mendapatkan peluang bagus ke gawang MU. Hingga akhir waktu normal babak kedua, Ajax hanya bisa menciptakan dua peluang tepat sasaran dari total 15 peluang sepanjang pertandingan.

Tidak ada perubahan signifikan yang terjadi sampai pertandingan berakhir dan MU pun memastikan tampil sebagai juara Liga Europa musim ini.

 

Ajax Amsterdam 0-2 Manchester United (Paul Pogba 18′, Henrikh Mkhitaryan 48′)

Ajax Amsterdam: 24-Andre Onana, 36-Matthijs de Ligt, 5-Davinson Sanchez, 4-Jairo Riedewald (21-Frenkie De Jong 82′), 3-Joel Veltman, 20-Lasse Schone (30-Donny van de Beek 70′), 22-Hakim Ziyech, 10-Davy Klaassen, 25-Kasper Dolberg (77-David Neres 62′), 11-Amin Younes, 9-Bertrand Traore
Pelatih: Peter Bosz

Manchester United: 20-Sergio Romero, 17-Daley Blind, 12-Chris Smalling, 36-Matteo Darmian, 25-Antonio Valencia, 21-Ander Herrera, 6-Paul Pogba, 27-Marouane Fellaini, 22-Henrikh Mkhitaryan (14-Jesse Lingard 74′), 8-Juan Mata (10-Wayne Rooney 90′), 19-Marcus Rashford (11-Anthony Martial 84′)
Pelatih: Jose Mourinho

Wasit: Damir Skomina (Slovakia)

 

Share this:

Leave a Reply

41 More posts in LIGA EUROPA category
Recommended for you
Tiga Trofi dalam Semusim, Bukan Musim yang Buruk Buat MU

STOCKHOLM - Manchester United menutup musim 2016-17 dengan menjuarai Liga Europa. Secara keseluruhan, musim ini...