Jeremy Mathieu Tutup Kariernya di Timnas Perancis

Share this:

BARCELONA – Menjelang pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 kontra Bulgaria dan Belanda, tim nasional Perancis harus menerima kabar yang kurang mengenakkan. Bek tengahnya yang bermain untuk FC Barcelona, Jeremy Mathieu, memutuskan pensiun dari tim nasional Perancis. Ia mengaku ingin fokus dalam kariernya di level klub.

Mathieu sebetulnya sudah dipanggil masuk skuad Les Bleus, julukan timnas Perancis, namun 24 jam setelah melakukan percakapan dengan pelatih Perancis, Didier Deschamps, Mathieu akhirnya mengumumkan keputusan pensiun membela negaranya.

Karier Mathieu bersama Perancis memang tidak terlalu istimewa, meskipun dia tampil apik bersama Valencia (2009-2014) dan Barcelona.

Sejak melakoni debut bersama Perancis pada 11 November 2011, Mathieu tercatat hanya bermain dalam lima pertandingan.

“Saya bukannya menolak panggilan (timnas), hanya saja saya ingin berhenti. Saya sudah tidak memiliki motivasi untuk melanjutkan. Saya hanya ingin mengabdikan diri untuk klub,” ujar Mathieu kepada L’Equipe, Jumat (1/10/2016).

“Saat memasuki tahun 2018, usia saya sudah menginjak 35 tahun. Saya ingin memberikan kesempatan kepada para pemain muda,” tutur dia menambahkan.

Kini, Perancis sudah mendapatkan pemain pengganti Mathieu. Dia adalah Eliaquim Mangala, bek milik Manchester City yang sedang dipinjamkan ke Valencia.

Pada Piala Eropa 2016, Mathieu sejatinya turut disertakan Deschamps ke dalam skuadnya. Namun, cedera betis menghampiri, dan posisi Mathieu pun akhirnya digantikan oleh Samuel Umtiti.

Mathieu mengawali karier profesionalnya di Sochaux pada 2002. Tiga tahun berselang, ia memutuskan hijrah ke Toulouse.

Memasuki 2009, Mathieu merantau ke Negeri Matador dan bergabung ke Valencia secara cuma-cuma. Di Valencia, Mathieu menorehkan 177 penampilan, sebelum hengkang ke Barcelona pada 2014.

 

Share this:

Leave a Reply

163 More posts in DUNIA category
Recommended for you
Lewati Rekor Marcelo Salas, Alexis Sanchez Topskorer Chile Sepanjang Masa

KAZAN - Sebuah pencapaian istimewa diraih oleh Alexis Sanchez. Dengan satu gol yang dicetaknya ke...