Gol Hazard dan Costa Antar Chelsea Berjaya di Southampton

Share this:

SOUTHAMPTON – Chelsea sukses mencatatkan 4 kemenangan beruntun setelah menundukkan tuan rumah Southampton 2-0, pada lanjutan Premier League matchday ke-10, Minggu (30/10/2016). Hasil ini pun mengantarkan The Blues masuk kembali ke jajaran 4 besar klasemen sementara Premier League.

Gol-gol Chelsea di Stadion St. Mary’s pekan ini muncul dari kontribusi cemerlang, Eden Hazard. Ia menciptakan gol (menit ke-6) dan assist buat Diego Costa (55′).

Kemenangan ini merupakan tripoin yang ke-4 secara beruntun bagi The Blues di Premier League. Hasil tersebut membuat Chelsea meraup 22 poin sampai pekan ke-11. Pasukan Antonio Conte kembali menggeser rival sekota, Tottenham Hotspur, yang mengemas 20 angka. Chelsea kini berada di bawah tiga tim teratas yang mengoleksi 23 poin: Manchester City, Arsenal, dan Liverpool FC.

Chelsea bermain dengan baik sejak kick-off dilakukan. Imbasnya, laga baru berjalan enam menit, tim besutan Antonio Conte itu sudah unggul 1-0.

Gol itu bermula dari kerjasama Hazard dan Victor Moses di sisi kanan. Hazard memberikan bola kepada Moses, lalu berlari ke celah yang ada di lini pertahanan Soton. Tidak ada yang melakukan tracking back terhadap Hazard, sehingga pemain asal Belgia itu dengan leluas menerima bola dari Moses lalu mengecoh pemain yang berusaha menutupnya.

 

hazard-sou-che-2016-10-30

 

Ketika ruang terbuka, Hazard lantas melepaskan sepakan datar kaki kiri dari dalam kotak penalti. Bola tendangannya melewati sela-sela kaki kiper Soton, Fraser Forster, dan masuk ke dalam gawang.

Soton sendiri sesungguhnya tidak tampil buruk di babak pertama. Statistik ESPNFC menunjukkan, Soton memenangi penguasaan bola hingga 70%. Sudah begitu, mereka juga punya 7 percobaan untuk mencetak gol sepanjang paruh pertama laga. Namun, hanya 1 percobaan The Saints yang mengarah tepat sasaran.

Chelsea justru lebih efektif. Dari 5 percobaan yang dilepaskan oleh pemain-pemain The Blues, 3 di antaranya mengarah tepat sasaran. Peluang terbaik lainnya dari Chelsea di babak pertama didapatkan oleh Diego Costa pada menit ke-41.

Striker internasional Spanyol itu mendapatkan ruang di sisi kiri pertahanan Soton, lalu menembakkan bola dengan kaki kanannya dari dalam kotak penalti. Sial baginya, tendangannya bisa dihentikan oleh Forster.

Di babak kedua, kendati Soton masih memenangi penguasaan bola, Chelsea tetap tampil lebih berbahaya. Berulang kali pemain-pemain Chelsea dengan lugas dan cair membuat pertahanan Soton bingung. Jika kesempatan terbuka, pemain-pemain Chelsea tak segan langsung melepaskan tembakan.

Pada menit ke-50, Nemanja Matic mendapatkan kans untuk mencetak gol lewat sebuah sundulan, namun sundulannya melambung. Dua menit kemudian, gantian Marcos Alonso yang meraih peluang, tetapi sepakannya dari sisi kiri masih melenceng.

Chelsea menggandakan keunggulan pada menit ke-55, kali ini Diego Costa yang jadi pencetak golnya. Gol tersebut berawal dari operan pendek yang diberikan kepada Costa di sisi kanan pertahanan Soton. Melihat celah, Costa langsung melepaskan tendangan kaki kanan ke arah pojok gawang Soton. Tendangan Costa tidak mampu dihalau oleh Forster dan skor berubah menjadi 2-0.

 

costa2-sou-che-2016-10-30

 

Ketinggalan dua gol, manajer Soton, Claude Puel, memasukkan Sofiane Boufal dan menarik Jordy Clasie. Boufal mencetak gol dengan cara yang sama dengan Costa pada Piala Liga Inggris tengah pekan lalu dan diharapkan mampu menambah daya gedor Soton.

Kendati begitu, Chelsea bertahan dengan disiplin dan Soton kesulitan membongkar pertahanan tim asal London Barat tersebut. Charlie Austin sempat membobol gawang Chelsea, tetapi dianulir lantaran offside. Sampai peluit akhir berbunyi, skor 2-0 tetap bertahan.

Hasil di Southampton cukup meneruskan sprint fantastis Chelsea sejak awal Oktober. Mereka merangkai 4 kemenangan beruntun tanpa putus di liga yang dilengkapi catatan clean sheet. Sebelum duel ini, Chelsea memukul Hull City 2-0, Leicester City 3-0, dan Manchester United 4-0.

 

Southampton 0-2 Chelsea (Eden Hazard 6′, Diego Costa 55′)

Southampton (4-4-2): 1-Fraser Forster; 15-Cuco Martina, 6-Jose Fonte, 17-Virgil van Dijk, 21-Ryan Bertrand (38-Sam McQueen 78′); 4-Jordy Clasie (19-Sofiane Boufal 61′), 11-Dusan Tadic (23-Pierre-Emil Hojbjerg 78′), 14-Oriol Romeu, 8-Steven Davis; 22-Nathan Redmond, 10-Charlie Austin
Pelatih: Claude Puel

Chelsea (3-4-3): 13-Thibaut Courtois; 28-Cesar Azpilicueta, 30-David Luiz, 24-Gary Cahill; 15-Victor Moses (2-Branislav Ivanovic 87′), 7-N’Golo Kante, 21-Nemanja Matic, 3-Marcos Alonso; 11-Pedro (22-Willian 78′), 19-Diego Costa (23-Michy Batshuayi 89′), 10-Eden Hazard
Pelatih: Antonio Conte

Wasit: Mike Jones

 

Share this:

Leave a Reply

429 More posts in LIGA INGGRIS category
Recommended for you
Resmi Gabung Liverpool, Mohamed Salah Pakai Nomor 11

LIVERPOOL - Liverpool resmi mengumumkan transfer winger asal Mesir, Mohamed Salah, dari klub pemilik sebelumnya,...