Gerard Pique Pensiun dari Timnas Usai PD 2018

Share this:

SHKODER – Bek Spanyol asal klub FC Barcelona, Gerard Pique memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Spanyol usai Piala Dunia 2018. Pique merasa lelah dengan kritik yang terus-terusan diarahkan padanya.

Pique sudah lama menjadi sasaran kritik dan cemoohan suporter Spanyol. Dia kerap disoraki suporter saat memperkuat La Furia Roja. Itu tak lepas dari sikapnya yang mendukung kemerdekaan Catalan serta kontroversi yang sering dia timbulkan terkait rivalitas Barcelona-Real Madrid.

Yang paling aktual, Pique dikritik karena memotong lengan jersey-nya saat Spanyol menghadapi Albania di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018, Senin (10/10/2016) dinihari WIB. Dalam laga tersebut, Pique mengenakan seragam lengan panjang yang kemudian dia potong bagian lengannya. Dia pun dituduh menghilangkan garis merah kuning yang identik dengan bendera Spanyol di bagian ujung lengan seperti yang ada di seragam lengan pendek.

 

pique-albania-spain-2016-10-09

 

Tapi hal itu dibantah oleh Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF). Mereka menyatakan bahwa Pique memotong lengan seragamnya demi alasan kenyamanan. RFEF juga menjelaskan bahwa memang tak ada aksen garis bendera Spanyol di ujung lengan panjang seragam tandang.

Tuduhan tersebut menjadi titik puncak kekesalan Pique. Bek berusia 29 tahun itu pun memutuskan untuk pensiun dari timnas setelah Piala Dunia 2018. Dalam pernyataannya, RFEF juga menyebut kritik yang tidak adil sebagai penyebab pensiunnya Pique.

“Ya, saya lelah dengan itu semua dan Piala Dunia di Rusia akan jadi turnamen terakhir saya bersama timnas Spanyol dan kemudian saya harap saya bisa dibiarkan hidup tenang,” ujar Pique seperti dikutip dari Reuters.

“Saya memotong lengan seragam saya karena lengannya sangat pendek dan itu mengganggu. Saya sudah mencoba segalanya tapi saya tidak tahan lagi, persoalan lengan ini membuat kesabaran saya habis.”

“Mereka sudah berhasil membuat saya kehilangan kegembiraan bermain untuk Spanyol dan meski setelah Rusia saya akan baru berusia 31 tahun, saya akan pergi.”

“Saya selalu mencoba memberi segalanya tapi, sementara beberapa orang mengapresiasi, yang lain berpikir lebih baik saya tidak bersama timnas,” katanya.

Sejak melakukan debut bersama timnas senior Spanyol pada 2009, Pique sudah tampil 86 kali dan menjuarai Piala Dunia 2010 serta Piala Eropa 2012.

 

Share this:

Leave a Reply

163 More posts in DUNIA category
Recommended for you
Lewati Rekor Marcelo Salas, Alexis Sanchez Topskorer Chile Sepanjang Masa

KAZAN - Sebuah pencapaian istimewa diraih oleh Alexis Sanchez. Dengan satu gol yang dicetaknya ke...