Friendly Match: Cetak Gol Kalahkan Inggris 1-0, Perpisahan Sempurna Podolski

Share this:

DORTMUND – Lukas Podolski menjadi aktor utama dalam laga persahabatan antara Jerman melawan Inggris, Rabu (22/3/2017). Di laga yang merupakan penampilan pamungkasnya bersama tim nasional Jerman, selain didapuk sebagai kapten Die Mannschaft, Podolski menandai penampilan terakhirnya itu dengan sebuah gol di babak kedua. Gol tersebut sekaligus jadi penentu kemenangan Jerman atas Inggris.

Podolski menjadi tema utama partai uji coba yang berlangsung di Signal Iduna Park, Dortmund. Penyerang berusia 31 tahun itu memainkan laga terakhirnya untuk timnas Jerman.

Momen perpisahan Podoski amat sempurna karena dia mencetak gol semata wayang Die Mannschaft ke gawang Inggris pada menit ke-69. Gol pemain Galatasaray itu bersejarah karena menelurkan kemenangan perdana Jerman di kandang atas Inggris sejak unggul 3-1 di Duesseldorf pada 19 September 1987!

 

 

Tepat di penampilannya yang ke-130 untuk timnas Jerman, Podolski memberikan pidato perpisahan menjelang sepak mula. Diwarnai koreografi megah suporter, eks striker Arsenal dan Bayern Munich itu berkaca-kaca ketika menyanyikan lagu kebangsaan.

Kemeriahan dukungan suporter tak lantas membuat laga ramai pula oleh peluang. Tercatat hanya muncul dua peluang tepat sasaran dari 12 upaya yang lahir. Babak pertama pun ditutup dengan skor imbang 0-0.

Alur pertandingan berlangsung lebih agresif setelah istirahat. Jerman mendapatkan peluang bagus lewat tembakan Julian Brandt yang melenceng tipis di kanan gawang Joe Hart (48′).

 

 

Jerman akhirnya mendapatkan gol melalui aktor utama laga tersebut, Podolski. Prinz Poldi melesakkan tembakan brilian dengan kaki kiri dari luar kotak penalti. Dia menuntaskan kerja sama segitiga antara Toni Kroos, Andre Schuerrle, dan dirinya. Itulah gol ke-49 Podolski untuk timnas Jerman. Rekor nasional miliknya cuma kalah dari Miroslav Klose (71 gol) dan Gerd Mueller (68).

Enam menit jelang laga usai, Podolski ditarik keluar dan digantikan oleh Sebastian Rudy. Tepuk tangan panjang mengiringi Podolski saat ia berjalan keluar lapangan.

Pada akhirnya, skor 1-0 menutup pertandingan. Kedua tim kemudian akan sama-sama menatap laga kualifikasi Piala Dunia 2018. Jerman akan tandang ke Azerbaijan, sementara Inggris menjamu Lithuania, Minggu (26/3/2017).

 

 

Jerman 1-0 Inggris (Lukas Podolski 69′)

Jerman (4-4-2): 22-Marc-Andre ter Stegen; 18-Joshua Kimmich, 16-Antonio Ruediger, 5-Mats Hummels, 3-Jonas Hector; 20-Julian Brandt (9-Andre Schuerrle 59′), 15-Julian Weigl (14-Emre Can 66′), 8-Toni Kroos, 19-Leroy Sane; 10-Lukas Podolski (21-Sebastian Rudy 84′), 24-Timo Werner (13-Thomas Mueller 77′).
Pelatih: Joachim Loew

Inggris (3-4-2-1): 1-Joe Hart; 4-Michael Keane, 6-Chris Smalling (15-John Stones 84′), 5-Gary Cahill; 2-Kyle Walker, 7-Jake Livermore (17-James Ward-Prowse 83′), 8-Eric Dier, 3-Ryan Bertrand (14-Luke Shaw 83′); 10-Dele Alli (19-Jesse Lingard 71′), 11-Adam Lallana (20-Nathan Redmond 66′); 9-Jamie Vardy (21-Marcus Rashford 70′).
Pelatih: Gareth Southgate

Wasit: Damir Skomina (Svn)

 

Share this:

Leave a Reply

163 More posts in DUNIA category
Recommended for you
Lewati Rekor Marcelo Salas, Alexis Sanchez Topskorer Chile Sepanjang Masa

KAZAN - Sebuah pencapaian istimewa diraih oleh Alexis Sanchez. Dengan satu gol yang dicetaknya ke...