Friendly Match: Belanda vs Italia 1-2, Portugal vs Swedia 2-3, Spanyol vs Perancis 0-2

Share this:

LAGA PERSAHABATAN – Dari hasil laga-laga persahabatan yang digelar pada hari Selasa (28/3/2017), tajuk utama media-media olahraga dunia terfokus pada 3 laga persahabatan, yang ketiganya berakhir dengan kemenangan untuk tim tamu.

Belanda yang baru saja memecat pelatihnya, Danny Blind, dipermalukan Italia 1-2 di Amsterdam Arena. Pelatih interim Oranje, yang merupakan pelatih Belanda U-21, Fred Grim, tak mampu mengonversikan keunggulan 55 persen penguasaan bola menjadi kemenangan.

Belanda unggul lebih dulu pada laga ini berkat gol bunuh diri Alessio Romagnoli pada menit kesepuluh. Romagnoli salah mengantisipasi bola di kotak penalti dan malah membelokkannya ke gawang sendiri.

 

 

Tapi, Italia tak butuh waktu lama untuk menyamakan skor. Pada menit ke-11, tembakan diagonal Eder dari luar kotak penalti tak bisa dijangkau penjaga gawang Belanda, Jeroen Zoet. Pemain belakang Leonardo Bonucci menjadi penentu kemenangan Italia lewat golnya pada menit ke-32. Diawali sebuah sepak pojok, Bonucci menyambar bola muntah di mulut gawang untuk membawa tim tamu berbalik memimpin.

Tak ada gol tercipta sepanjang babak kedua hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 untuk Italia pun tetap tidak berubah.

 

 

Menjamu Swedia di Estádio dos Barreiros, Madeira, juara Piala Eropa 2016, Portugal, menelan kekalahan kala menjamu Swedia. Meski mega bintangnya, Cristiano Ronaldo, membuat catatan istimewa dengan mencetak gol internasionalnya ke-71, Portugal takluk 2-3 dengan gol penentu dicetak di menit terakhir.

Unggul 2-0 di babak pertama lewat gol Ronaldo di menit 18 dan gol bunuh diri Andreas Granqvist di menit 34, Portugal tak mampu membendung amukan Swedia yang mencetak tiga gol di babak kedua. Viktor Claesson mencetak dua gol berturut-turut pada menit 57 dan 76. Gol kemenangan Swedia diperoleh di penghujung laga lewat gol bunuh diri bek Portugal, Joao Cancelo.

Terlepas dari hasil negatif tersebut, laga ini termasuk momen penting dalam karier Cristiano Ronaldo bersama timnas. Sebab, sang kapten membuat gol sehingga bisa menyamai legenda Jerman, Miroslav Klose, di mana mereka sama-sama mengoleksi 71 gol internasional.

Setelah menyamai torehan Klose, kini Ronaldo berpeluang mengejar dua legenda Hungaria, Ferenc Puskas dan Sandor Kocsis, yang masih menempati urutan teratas daftar pemain Eropa yang menjadi top skorer internasional dengan raihan 84 gol (Puskas) dan 75 gol (Kocsis).

 

 

Hasil negatif juga diperoleh Perancis yang menjamu Spanyol di Stade de France. Les Bleus dipermalukan oleh La Furia Roja dengan skor akhir 0-2. Gol Spanyol dicetak oleh penalti David Silva (68′) dan Gerard Deulofeu (77′).

David Silva semakin menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu pemain penting bagi Spanyol. Sejak dilatih Julen Lopetegui, Silva menjadi pemain yang terlibat paling banyak terhadap gol Spanyol (6 gol, 3 assist).

 

 

Lesakan gol dari titik putih pada laga ini juga membuat Silva bertengger di posisi keempat top skorer sepanjang masa Spanyol dengan perolehan 30 gol. Dia hanya berada di bawah tiga penyerang La Furia Roja, yakni David Villa (59), Raul Gonzalez (44), dan Fernando Torres (38).

Sejauh ini, sejak ditangani Lopetegui, Spanyol telah mengamankan enam kemenangan dan dua hasil imbang. Mereka juga sanggup menceploskan 25 gol dan hanya kemasukan empat kali.

 

Hasil Laga Persahabatan Internasional, Selasa (28/3/2017):

Belanda 1-2 Italia (Alessio Romagnoli 10′ ; Eder Martins 11′, Leonardo Bonucci 32′)
Portugal 2-3 Swedia (Cristiano Ronaldo 18′, Andreas Granqvist 34′-bunuh diri; Viktor Claesson 57′, 76′, Joao Cancelo 90′- bunuh diri)
Perancis 0-2 Spanyol (David Silva 68′-pen, Gerard Deulofeu 77′)

 

Share this:

Leave a Reply

163 More posts in DUNIA category
Recommended for you
Lewati Rekor Marcelo Salas, Alexis Sanchez Topskorer Chile Sepanjang Masa

KAZAN - Sebuah pencapaian istimewa diraih oleh Alexis Sanchez. Dengan satu gol yang dicetaknya ke...