Dick Advocaat Kembali Tangani Belanda, Ruud Gullit Jadi Asistennya

Share this:

ZEIST – Asosiasi Sepakbola Belanda (KNVB) akhirnya mengumumkan pelatih tim nasional Belanda pengganti Danny Blind. Untuk ketiga kalinya, Dick Advocaat dipercaya menangani tim Oranye, yang akan dibantu Ruud Gullit sebagai asistennya.

Sebelumnya Advocaat pernah melatih Belanda pada periode 1992-1994 dan 2002-2004. Kini, pada periode ketiganya, ia tercatat sebagai pelatih tertua (70 tahun) yang pernah menangani Belanda.

Advocaat menerima tawaran mengisi posisi yang ditinggalkan Danny Blind, Ayah dari pemain Manchester United, Daley Blind, itu diberhentikan setelah Belanda gagal lolos ke Piala Eropa 2016 dan memperoleh hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Namun Advocaat baru akan menangani Belanda setelah ia menyelesaikan musim ini bersama klub Turki, Fenerbahce, dimana kini ia menjabat sebagai pelatih kepala. Sebelum Advocaat dan Gullit bergabung, timnas Belanda sementara tetap ditangani pelatih interim, Fred Grim.

 

 

Saat ini Belanda duduk di peringkat keempat Grup A dengan tujuh poin hasil lima laga, terpaut enam poin dari pemimpin grup Prancis dan tiga poin dari Swedia di posisi kedua.

“Ada dua skenario. Kami memilih jangka waktu yang lebih lama atau kami melakukan segalanya yang mungkin untuk lolos ke Piala Dunia 2018,” kata direktur teknik KNVB Hans van Breukelen.

“Kami memilih opsi kedua. (Pelatih) harus seorang profesional yang berpengalaman, lebih disukai yang memiliki wibawa,” lanjutnya di The Guardian.

Advocaat pernah memimpin Belanda hingga perempatfinal Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, di mana mereka kalah melawan Brasil. Kemudian di Piala Eropa 2004, Belanda mencapai semifinal sebelum disingkirkan tuan rumah Portugal.

Riwayat karier Advocaat di antaranya pernah melatih tim-tim seperti Rangers, Sunderland, dan PSV Eindhovan. Dia juga pernah menjadi pelatih timnas Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Belgia, Rusia, dan Serbia.

Ruud Gullit (54 tahun), akan membantu Advocaat sebagai asistennya. Legenda sepakbola Belanda dengan 66 caps penampilan timnas itu adalah salah satu pemain kunci Oranye saat memboyong Piala Eropa 1988, bersama Marco van Basten, Frank Rijkaard, dan kiper yang kini menjabat sebagai Direktur Teknik KNVB saat ini, Hans van Breuklelen. Gullit bahkan pernah menjadi pemain asuhan Advocaat pada periode pertamanya menangani Belanda (1992-94).

 

 

Share this:

Leave a Reply

163 More posts in DUNIA category
Recommended for you
Lewati Rekor Marcelo Salas, Alexis Sanchez Topskorer Chile Sepanjang Masa

KAZAN - Sebuah pencapaian istimewa diraih oleh Alexis Sanchez. Dengan satu gol yang dicetaknya ke...