Bundesliga Pekan ke-33: Hoffenheim Tempel Dortmund, Bayern Kalahkan Leipzig 5-4

Share this:

LIGA JERMAN – Meski juara Bundesliga 1 2016-17 sudah dipastikan sejak pekan ke-31 lalu, namun persaingan di papan atas klasemen Bundesliga 1 tetap seru, bahkan sampai laga terakhir pekan depan. Hal ini karena Borrusia Dortmund dan Hoffenheim sampai pada pekan ke-33 ini memiliki nilai yang sama, di posisi tiga dan empat.

Hoffenheim langsung bangkit menyusul kekalahan dari Dortmund, yang merupakan rival langsung di perebutan posisi tiga, pekan lalu. Melawat ke Bremen, di Weserstadion, Sabtu (13/5/2017) malam WIB, Hoffenheim menang telak 5-3.

Skuat besutan Julian Nagelsmann itu bahkan sempat unggul lima gol tanpa balas lebih dulu. Adam Szalai membuka keunggulan di menit ketujuh, diikuti Andrej Kramaric di menit ke-11, dan Steven Zuber pada menit ke-40.

 

 

Di babak kedua, Kramaric mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-49 yang disusul gol Ermin Bicakcic pada menit ke-51. Baru setelah itu tuan rumah merespons. Theodor Gebre Selassie mulai memperkecil ketertinggalan melalui golnya di menit ke-59. Tim asuhan Alexander Nouri itu kemudian mencetak dua gol lainnya lewat Philipp Bargfrede dan Robert Bauer pada menit ke-86 dan 90.

Tak ada gol lain lagi yang tercipta di sisa waktu, Hoffenheim pun menempel ketat Dortmund di posisi tiga. Keduanya sama-sama mengoleksi nilai 61 dari 33 pekan, dengan hanya terpisahkan selisih gol (4).

 

 

Dortmund sendiri justru mendatangkan tekanan besar menuju partai terakhir musim ini usai berimbang 1-1 di WWK Arena. Meski bermain dominan, Dortmund tertinggal lebih dulu melalui sepakan jarak dekat Alfred Finnbogason pada menit ke-28.

Anak-anak asuh Thomas Tuchel sebenarnya merespons dengan cepat, kala Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol empat menit kemudian atau pada menit ke-32. Tapi di sisa waktu, Dortmund gagal memaksimalkan dominasi mereka untuk bikin gol kedua.

Di pekan terakhir, Hoffenheim dan Dortmund akan bertukar lawan. Hoffenheim akan menghadapi Augsburg sementara Dortmund giliran melawan Bremen.

 

 

Sementara itu, Bayern Munich tetap tampil ngotot meski sudah memastikan diri jadi juara Bundesliga 1 2016-17. Pada laga pekan ke-33 di Red Bull Arena, Die Roten meraih kemenangan dramatis atas tuan rumah Leipzig dengan skor 5-4.

Meski sudah tidak menentukan lagi, laga antara tim runner up melawan juara Bundesliga 1 ini berlangsung sengit sejak awal. Tim tuan rumah cuma butuh dua menit untuk unggul 1-0. Marcel Sabitzer menjebol gawang Bayern lewat sundulan kepalanya dengan memaksimalkan umpan silang dari Emil Forsberg.

Bayern baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-17. Mereka mendapatkan hadiah penalti menyusul handball Bernardo. Robert Lewandowski maju sebagai eksekutor dan sukses menaklukkan kiper Leipzig, Peter Gulacsi.

Memasuki menit ke-29, Leipzig gantian mendapatkan penalti. Pelanggaran Xabi Alonso terhadap Forsberg memaksa wasit menunjuk titik putih. Timo Werner mengeksekusi penalti tersebut dan sukses membawa Leipzig memimpin 2-1. Skor ini bertahan hingga rampungnya babak pertama.

Dua menit setelah babak kedua dimulai, Leipzig memperbesar keunggulannya menjadi 3-1. Yussuf Poulsen merobek gawang Bayern setelah tembakan kerasnya sedikit berubah arah karena mengenai kaki Alonso. Kiper Bayern, Tom Starke, tak bisa berbuat banyak karena terlanjur mati langkah.

Bayern menipiskan ketertinggalannya menjadi 2-3 lewat gol Thiago Alcantara pada menit ke-60. Thiago mencetak gol melalui sundulan kepalanya dengan memanfaatkan umpan sundulan dari Alonso. Akan tetapi, lima menit kemudian, Leipzig kembali menjauh. Werner menerobos ke lini pertahanan Bayern dan dengan cerdik mencetak gol lewat sudut sempit. Leipzig pun unggul 4-2.

Tertinggal dua gol tak membuat Bayern menyerah begitu saja. Pada menit ke-84, tim tamu mengubah skor menjadi 3-4 melalui gol kedua Lewandowski. Striker asal Polandia itu menyundul bola muntah ke gawang kosong setelah tembakan keras Arjen Robben menghantam mistar gawang.

Hingga berakhirnya waktu normal, Bayern masih tertinggal 3-4. Namun, drama terjadi selama injury time. Pada menit pertama injury time, Bayern sukses menyamakan kedudukan menjadi 4-4. Tendangan bebas David Alaba meluncur mulus ke gawang Leipzig tanpa bisa diantisipasi oleh Gulacsi. Saat injury time memasuki menit kelima, Robben melakukan solo run di sisi kanan. Dia melewati beberapa pemain lawan sebelum menaklukkan Gulacsi dari jarak dekat.

Hasil ini tak mengubah posisi kedua tim di klasemen. Bayern tetap di posisi teratas dengan perolehan 79 poin, sementara Leipzig di urutan kedua dengan 66 poin.

 

Hasil lengkap Bundesliga 1 pekan ke-33, Jumat-Sabtu, 12-13 Mei 2017:

Bayer 04 Leverkusen 2-2 FC Cologne (Stefan Kiessling, 60′, Joel Pohjanpalo, 71′; Milos Jojic, 14′, Lukas Kluenter, 49′)
Schalke 04 1-1 Hamburg SV (Guido Burgstaller, 25′; Pierre-Michel Lasogga, 90 2′)
Mainz 05 4-2 SG Eintracht Frankfurt (Jhon Cordoba, 60′, Stefan Bell, 62′, Yoshinori Muto, 76′, Pablo De Blasis, 90 3′; Branimir Hrgota, 42′, Haris Seferovic, 50′)
VfL Wolfsburg 1-1 Borussia Moenchengladbach (Mario Gomez, 58′; Jannik Vestergaard, 24′)
RB Leipzig 4-5 FC Bayern Munich (Marcel Sabitzer, 2′, Timo Werner, 29′-pen, 65′ Yussuf Poulssen, 47′; Robert Lewandowskim 17′, 84′, Thiago Alcantara, 60′, David Alaba, 90 1′, Arjen Robben, 90 5′)
FC Augsburg 1-1 Borussia Dortmund (Alfred Finnbogason, 28′; Pierre-Emerick Aubameyang, 32′)
SV Werder Bremen 3-5 TSG Hoffenheim (Gebre Selassie, 59′, Philipp Bargfrede, 86′, Robert Bauer, 90′; Adam Szalai, 7′, Andrej Kramaric, 11′, 49′ Steven Zuber, 40′, Ermin Bicakcik, 51′)
SC Freiburg 1-1 FC Ingolstadt (Maximilian Philipp, 31′; Dario Lezcano, 43′)
Darmstadt 98 0-2 Hertha Berlin (Salomon Kalou, 14′, Jordan Torunarigha, 28′)

 

Share this:

Leave a Reply

111 More posts in LIGA JERMAN category
Recommended for you
Bayern Munich Tuntaskan Transfer Corentin Tolisso dari Lyon

MUNICH - FC Bayern Munich mengumumkan lewat situs resminya bahwa mereka telah resmi merekrut Corentin...