Ander Herrera Bahagia dengan Peran Barunya

Share this:

MANCHESTER – Pergantian manajer selalu membawa banyak perubahan, baik dari sistem permainan, metode latihan, aturan, posisi dan peran pemain, dan sebagainya. Kerap kali kedatangan manajer baru membuat seorang pemain sepakbola “lahir” kembali, dan bahkan menjadi pemain kunci dari tim.

Ander Herrera menjadi salah satu pemain yang tampil menonjol di laga Manchester United melawan Manchester City. Manajer MU, Jose Mourinho bahkan menyebut gelandang Spanyol berusia 27 tahun itu mengantarkan MU ke level berbeda.

Berposisi asli sebagai gelandang serang, pemain yang didatangkan dari Athletic Bilbao pada tahun 2014 itu diminta Mourinho untuk memainkan peran “lebih dalam” pada posisinya di lini tengah MU. Sejak itu, performanya menanjak dan lambat laun terlihat menonjol. Herrera sendiri mengaku gembira dengan hasil dari proses adaptasinya di posisi baru itu.

“Secara pribadi, (perubahan) ini berjalan sangat baik,” ungkapnya dalam wawancara di radio Spanyol, Cadena Ser. “Saya mengerti apa yang dikehendaki oleh Mourinho dan apa yang ia butuhkan dariku.”

“Saya pikir untuk menjadi pemain no. 10 dari sebuah klub besar seperti ini, Anda dituntut untuk mencetak setidaknya 15 gol per musim. Saya tidak pernah melakukannya sepanjang karier saya. Saya berharap saya dapat melakukannya, namun saya harus beradaptasi. Hal yang paling pintar adalah beradaptasi saat kita melihat sebuah posisi tersedia di tim, dan itulah yang coba saya lakukan.” lanjutnya.

“Saya rasa di posisi baru ini, bermain di depan pertahanan, saya banyak membantu tim. Saya bisa memenangi lebih banyak bola, dan saya lebih nyaman mendistribusikan permainan. Sekarang saya melihat sepakbola dari posisi yang lebih istimewa, dalam hal mengantisipasi permainan, merebut bola, dan membangun serangan secepat mungkin.”

“Saya pikir pelatih sangat senang dengan apa yang saya lakukan.” tutup Herrera.

Saat melakoni pertandingan babak keempat Piala Liga Inggris, The Red Devils memetik kemenangan dengan skor tipis 1-0. Juan Mata menjadi pencetak gol kemenangan pertandingan yang berlangsung di Old Trafford, Kamis (27/10/2016) dini hari WIB.

Gol itu merupakan buah umpan dari Zlatan Ibrahimovic, tapi Herrera juga berperan atas gol itu. Dia ada di kotak penalti saat Ibrahimovic mengirimkan umpan ke tengah kotak penalti, hingga menarik satu pemain City di kotak penalti. Dengan begitu, Mata bisa berdiri bebas memasukkan bola ke gawang City.

Herrera yang dipasang sebagai salah satu gelandang di posisi double pivot, menjadi pemain dengan jumlah sentuhan terbanyak di laga MU melawan City. Whoscored membukukan pemain Spanyol itu 84 kali melakukan sentuhan. Berduet dengan Michael Carrick, dia menjalankan tugasnya dengan bagus menjadi penyeimbang tim.

Bersama Carrick dan Paul Pogba, Herrera menjadi pemain yang mendapatkan pujian dari manajer MU, Jose Mourinho.

“Kami mulai percaya diri selangkah demi selangkah, kami mulai percaya organisasi pertahanan kami. Lalu di babak kedua, khususnya Herrera, Carrick, dan Pogba, mereka meninggikan tempo,” kata Mourinho seperti dilansir oleh situs resmi MU.

“Mereka mulai melakukan pressing lebih tinggi. Saya pikir Herrera membawa tim pada level berbeda dalam hal intensitas dan pressing. Lalu kami mulai bisa merebut bola kembali dan menjadi berbahaya,” imbuhnya.

Performa impresif Herrera tidak hanya mengundang pujian, namun mendapatkan ganjaran yang setimpal. Selain menjadi salah satu sosok penting bagi timnya, Herrera pun mendapatkan panggilan untuk memperkuat tim nasional Spanyol untuk pertama kalinya.

 

Share this:

Leave a Reply

429 More posts in LIGA INGGRIS category
Recommended for you
Resmi Gabung Liverpool, Mohamed Salah Pakai Nomor 11

LIVERPOOL - Liverpool resmi mengumumkan transfer winger asal Mesir, Mohamed Salah, dari klub pemilik sebelumnya,...